Bersama berbagi, Berbagi bersama

  • RSS
  • Skype
  • Facebook
  • Yahoo

Twitter

Archive for Mei 2011


BAB 1 PENDAHULUAN

1.1.LATAR BELAKANG PRAKERIN
 Kegiatan PRAKERIN (praktek kerja industri)merupakan metode pembelajaran siswa SMK untuk mengenal dunia usaha sebelum mereka terjun ke dunia usaha yang sebenarnya.Kegiatan PRAKERIN merupakan bentuk palaksanaan pendidkan system ganda yang memberikan pengalaman bagi siswa SMK tentang dunia usaha/dunia industri.
Dengan demikian,kegiatan PRAKERIN sejalan dengan kebijakan bahwa pendidikan bagian integral dari kehidupan masyarakat.Dan juga dunia usaha/dunia industri turut adil untuk memajukan pendidikan dalam mencerdaskan anak bangsa yang menjadi bagian yang sangat diharapkan.
Dalam peraturan UUD no.29 thn.1990 pasal 3 ayat 2 tentang”pendidikan menengah kejuruan mengutamakan penyipan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap professional”untuk dapat bekerja dalam bidang tertentu.
 Atas dasar itu,pendidikan dan pelaksanaan PRAKERIN merupakan bagian dari upaya pengembangan SDM dan penannya sebagai instrumental pembangunan dalam menghasilkan manusia-manusia pelu pembangunan.

1.2.TUJUAN PRAKERIN
Secara umum tujuan dari pelaksanaan PRAKERIN adalah agar siswa dapat menerapkan dan membandingkan antara pengetahuan teori maupun praktek yang di dapat di sekolah dengan pekerjaan sebenarnya yang ada di lingkungan dunia usaha/dunia industri.
Selain itu,dari kegiatan PRAKERIN di harapkan dapat meningkatkan pengalaman dan pengetahuan ketrampilannya secara professional sesuai dengan tuntutan dunia kerja dan perkembangan teknologi yang berkembang di masyarakat.Adapun tujuan PRAKERIN bagi siswa adalah sbb:
a.       Memiliki wawasan yang luas tentang kegiatan lingkungan industry.
b.      Memiliki kemampuan bekerja yang sesuai dengan standar kerja dunia usaha/dunia industri.
c.       Memiliki di siplin dan inisiatif kerja yang tinggi sesuai dengan tuntutan dunia usaha/dunia industri.
d.      Memiliki kreativitas dan motivasi kerja dalam mengembangkan keahliannya sesuai dengan profesi yang di guletinya.
e.      Memiliki ketekunan dan keuletan dalam bekerja.
f.        Memperhatikan   kualitas dan tanggung jawab perkerjaan sesuai dengan tuntutan profesi.

1.3 TUJUAN PEMBUATAN LAPORAN (JOB / KERJA PRAKTEK)
a.       Menjelaskan tujuan pembahasan materi sesuai judul yang dibahas.
b.      Membahas teori singkat yang terkait dengan pembahasan materi.
c.       Menyajikan gambar rangkaian/benda kerja/peralatan/mesin untuk membantu memahami cara kerja.
d.      Menjelaskan cara kerja rangkaian, penggunaan alat/bahan/mesin yang digunakan untuk melaksanakan pekerjaan sesuai dengan pembahasan materi.
e.      Menyebutkan alat/bahan/komponen yang digunakan sesuain pembahasan berikut spesifikasinya.
f.        Menjelaskan keselamatan kerja sesuai dengan pelaksanaan pekerjaan.
g.       Menyimpulkan hasil pekerjaan sesuai dengan materi pembelajaran.
1.4 CARA KERJA
Menulis penjelasan cara kerja rangkaian, alat, mesin yang dipergunakan dalam proses kerja praktik dilapangan secara singkat dan jelas.

1.5 KESELAMATAN KERJA
a.       Memakai pakaian kerja yang telah ditetapkan.
b.      Menggunakan alat sesuai dengan fungsinya.
c.       Lakukan pekerjaan sesuai dengan urutan kerja.
d.      Lakukan pekerjaan secara teliti, cermat, dan hati hati.
e.      Kumpulkan komponen pada tempat yg bersih dan aman.
f.        Dalam pemasangan harus teliti dan hati hati.
g.       Berdoalah sebelum bekerja.

1.6 TATA TERTIB YANG BERLAKU DI PERUSAHAAN
a.       Melaksanakan praktek/kerja/riset mulai pukul 7.30 s.d 12.00 WIB (tidak mendapat fasilitas makan)
b.      Tidak bekerja diluar jam kerja yang telah ditentukan.
c.       Memakai tanda pengenal (diklat) selama dilingkungan perusahaan.
d.      Berpakaian seragam sekolah/lembaga,rok/celana hitam kemeja putih/berpakaian bebas tetapi sopan dan rapi (tidak memakai kaos/celana jean).
e.      Bertingkah laku sopan selama berada dilingkungan perusahaan.
f.        Mengisi daftar hadir ditempat pkl (format dari urusan bang SDM) setelah menyelesaikan daftar hadir tersebut diserahkan ke bang SDM
g.       Memberitahu secara lisan ataupun tertulis apabila tidak dapat hadir kepada pembimbing di perusahaan.
h.      Menyerahkan hasil laporan pkl/riset ke bagian bang SDM sebanyak satu buah (hard dan soft copy dalam bentuk cd) paling lambat satu bulan setelah berakhirnya pkl/riset.
i.         Perusahaan tidak akan bertanggung jawab apabila terjadi kecelakaan ditempat kerja praktek akibat kelalaian peserta kerja/riset.
j.        Perusahaan tidak akan memberikan surat keterangan selesai pkl, jika siswa tidak mematuhi tata tertib.